Halaman

Kamis, 03 Januari 2013

“Kiat Agar Tampil Menarik di Depan Publik”

Berbicara di depan publik atau melakukan presentasi itu merupakan pekerjaan yang tidak mudah bagi sebagian orang. Berbicara atau presentasi di depan khalayak tentu saja tidak bisa disamakan berbicara di hadapan teman-teman sepekerjaan.



Berlatih - Lakukan latihan berbicara di depan publik sesering mungkin. Selain Anda bisa memanfaatkannya guna memperlancar materi yang disampaikan juga guna mempertebal rasa percaya diri dan mampu membantu penguasaan situasi saat menghadapi audiens.
Anda juga harus melatih diafragma, ketahuilah, seseorang yang memiliki intonasi bicara yang baik akan menimbulkan rasa nyaman bagi pendengar atau audiens yang menyimak penyampaian Anda.

Kuasai materi - hal lain yang takkalah penting dalam rangka ingin sukses tampil di depan publik adalah penguasaan materi. Sesuatu yang akan disampaikan sebaiknya dikuasai dan dikemas semenarik mungkin. Perdalam kembali materinya dan upayakan materi tidak kadaluarsa, Anda harus membuatnya aktual dan up-to-date.

Misalnya, Anda akan mempresentasikan persoalan gadget, himpunlah materi sebanyak-banyaknya tentang gadget beserta kemajuannya, serta gali semua isu-isu terhangatnya. Terlebih lagi Anda memperagakan langsung gadget yang sedang diketengahkan informasinya. Hal ini akan membuat orang tertarik dan yakin dengan penjelasan yang Anda sampaikan.

Terbuka dan luwes - Sampaikanlah penyajian materi dengan terbuka dan luwes, sebab hal ini mampu mencairkan suasana tegang dan kaku saat itu. Dengan terbuka dan luwes Anda bisa seakan dekat dengan audiens dan penyampaian bisa didengar dan diterima dengan baik.

Jujur - Misalnya, saat Anda tadi menyampaikan seputar gadget, katakanlah Anda belum pernah memakai iPhone jika memang Anda belum pernah memiliki pengalaman memakai iPhone. Hal ini tentu saja akan membuat audiens senang merasa tidak dibohongi.

Cairkan suasana - Agar suasana tidak monoton dan tegang, tidak ada salahnya Anda menggunakan guyonan-guyonan di sela-sela penyampaian sehingga suasana semakin mencair. Dan tidak lupa memposisikan diri sebagai audiens, gunakan bahasa dan istilah yang mudah dimengerti dan sesuai peruntukannya. Bedakan gaya bahasa untuk audiens berusia setara Anda dengan audiens berusia lebih dari usia Anda - berbahasalah yang santun sehingga audiens akan merasa dihargai.

Itulah, “Kiat Agar Tampil Menarik di Depan Publik”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar